News & Events

IBLAM Mengadakan Workshop Online Pertama di Indonesia Pelatihan Perancangan Peraturan Perundang-undangan

Sabtu, 06 Juni 2020, IBLAM School of Law mengadakan workshop online pertama di Indonesia, yaitu “Pelatihan Perancangan Peraturan Perundang-undangan”. Kami mengadakan acara pelatihan ini karena seperti yang kita ketahui bersama, Badan Legislasi (Baleg DPR) bersama pemerintah dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menetapkan 50 RUU Prolegnas Prioritas 2020 dan jangka menengah. Salah satu diantaranya adalah RKUHP, RUU Minerba, dan RUU Cipta Kerja. Namun, masih banyak teori, substansi dan regulasi yang dimuat belum bisa dikatakan tepat untuk diatur di dalam sebuah RUU. Pelatihan ini akan dipandu oleh Narasumber yang keren dan kompeten di bidangnya, diantaranya adalah Prof. Dr. Maria Farida Indrati, S.H., M.H. (Hakim Mahkamah Konstitusi Periode 2008-2018), Dr. Ahmad Redy, S.H., M.H. (Tim Perumus Omnibus Law/Dosen Berprestasi Tingkat Nasional 2018), Dr. Yovan Iristian, S.H. M.H. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Dr. Soetomo Surabaya/Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur), dan Hendra Wahanu Prabandani, S.H., M.H., LL.M. (Kepala Bagian Penyusunan Peraturan Perundang-undangan, Bappenas).

Peraturan perundang-undangan bukanlah opini atau artikel akademis yang dibuat berdasarkan pendapat atau teori semata, karena opini dan artikel tidak memiliki daya paksa atas orang lain untuk berbuat atau tidak berbuat. Sebaliknya, peraturan perundang-undangan merupakan dokumen hukum yang memiliki konsekuensi sanksi bagi pihak yang diatur. Undang-undang yang dibentuk harus dengan konsep, teori, jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan yang harmonis, tidak saling bertentangan dan tumpang tindih satu sama lain.

Di samping harus memiliki pengetahuan akan ilmu hukum, seseorang yang ingin menyusun peraturan perundang-undangan, perlu juga memiliki pengetahuan dan keterampilan teknik dalam menyusunnya. Melalui pelatihan ini kita akan belajar bagaimana mengetahui dasar-dasar penyusunan peraturan perundang-undangan, tahapan pembentukan yang meliputi perencanaan, pembahasan, pengesahan yang benar hingga sampai pengundangan. Proses pembentukan peraturan perundang-undangan ini harus memperhatikan kepentingan umum bukan kepentingan pribadi.

Workshop/pelatihan ini juga akan menambah pengetahuan dan melatih keterampilan peserta dalam menentukan harmonisasi dan sinkronisasi peraturan daerah dalam kerangka sistem hukum nasional, mengetahui apa saja dampak regulasi dalam pembentukan peraturan perundang-undangan, serta meningkatkan kualitas peraturan perundang-undangan sesuai dengan dasar-dasar konstitusional yang selaras dengan kepentingan masyarakat atau umum.

Antusiasme publik dalam kegiatan pelatihan ini sangat besar sekali, namun peserta pelatihan ini dibatasi, hanya khusus 300 orang pendaftar saja. Metode workshop/pelatihan perancangan peraturan perundang-undangan ini, dilaksanakan dengan pemberian materi, tutorial, dan tanya-jawab yang komunikatif, interaktif dan partisipatif karena akan memaksimalkan peran narasumber dan peserta melalui simulasi terhadap peraturan perundang-undangan.

Fasilitas            : Materi dan E-Certificate

Investasi          :

  • Umum                         : Rp 350.000,-
  • Mahasiswa                  : Rp 150.000,-
  • Mahasiswa IBLAM    : Rp 100.000,-

Butuh Bantuan?

Tim IBLAM siap menjawab kebutuhanmu

Kampus Jakarta

Kampus Depok

Berita dan Event Lainnya

Lihat Semua >