News & Events

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) IBLAM 2021

Jakarta, 8 September 2021 – Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan wahana atau tempat bagi pempimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan lingkungan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru demi mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa dewasa dan mandiri. Pada hari Rabu dan Kamis tanggal 08 – 09 September 2021, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) IBLAM melaksanakan kegiatan PKKMB yang merupakan program yang dianjurkan pemerintah. Kegiatan ini berlangsung dua hari berturut-turut secara daring melalui platform Zoom Meeting.

PKKMB dihadiri oleh lebih dari 200 mahasiswa baru STIH IBLAM. Para mahasiswa baru sangat bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini karena kegiatan dikemas secara baik dan asik oleh para panitia dari PKKMB STIH IBLAM. Para pimpinan STIH IBLAM yang hadir di hari pertama ada Ketua Yayasan STIH IBLAM Bapak Rahmat Dwi Putranto, S.H.,M.H., Ketua STIH IBLAM Bapak Dr. Gunawan Nachrawi, S.H.,M.H., Wakil ketua 1 Bidang Akademik Bapak Dr. Marjan Miharja, S.H.,M,H.,Ketua Pelaksana PKKMB IBLAM 2021 Ibu Jamiatur Robekha,S.H.,M.H., dan civitas akademika dari para dosen dan pimpinan yang hadir diacara tersebut.

Hari pertama PKKMB di isi dengan berbagai materi menarik yang disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Salah satu materinya yaitu Bela Negara. Tak hanya itu, materi untuk para mahasiswa baru juga disampaikan oleh pimpinan dan dosen IBLAM dan para pakar lainnya dari luar STIH IBLAM contohnya Bapak Ahmad Almaududy Amri, S.H.,M.H.,M.Si.,Ph.D yang menyampaikan materi Mahasiswa Hukum dan Mada Depan Indonesia. Dihadiri juga bapak Dr. Anggawira, S.H.,M.H., untuk menyampaikan materi Entrepreneurship dan selanjutnya bapak Thony Saut Sitmumorang, MM,Ph.D., mantan pimpinan KPK masa bakti 2015-2020 yang menyampaikan materi Anti Korupsi.

Acara pada hari kedua juga tak kalah menarik dari hari pertama, selain ada video manteri dari Kemendikbud RI. Materi Kesadaran Lingkungan Hidup dan Kampus Sehat juga disampaikan oleh Komisaris PTPN VIII yaitu bapak Adrian Zakhary, S.T.P.,M.S.E,. Mahasiswa menyimak dengan baik materi tersebut. Lalu dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Bu Agri Chairunissa, S.H.,M.Hum selaku Kaprodi S1 dan Bapak Dr. Misbahul Husa, S.H.,M.Si., selaku Kaprodi S2 untuk menyampaikan penyuluhan sistem akademik di STIH IBLAM.

Acara PKKMB IBLAM 2021 tidak hanya diisi dengan materi – materi yang “serius”, tetapi juga diisi dengan hiburan – hiburan, challenges, dan kuis santai untuk mereview materi melalui platform Quizziz. Hiburan yang dipersembahkan oleh UKM IBLAM seperti penampilan tari tradisional, monolog, hingga stand up comedy. Lalu mahasiswa juga mengikuti challenge PKKMB dari panitia, yaitu membuat video Tiktok yang akan diambil pemenang nya pada hari H PKKMB. Kegiatan – kegiatan ice breaking tersebut juga dapat membuat acara ini terkesan lebih santai dan dekat dengan mahasiswa.

Acara PKKMB ditutup dengan pengumuman para pemening video Tiktok dan Quizziz. Pemenang video Tiktok dimenangkan oleh mahasiswa S2 yaitu Laila Latifah, Mahasiswa S1 Elena Daniela, dan Vista Rindiatika. Video – video tersebut bisa dilihat di hastag #kitaintegritas yang dibuat oleh akun Tiktok IBLAM @lifeatiblam. Kemudian, acara ditutup dengan hikmat dan acara PKKMB IBLAM 2021 semoga menjadi awal bagi mahasiswa baru STIH IBLAM dalam mengenal lebih lanjut terkait lingkungan kuliah yang akan dilakukannya selama masa studi nanti.

Butuh Bantuan?

Tim IBLAM siap menjawab kebutuhanmu

Kampus Jakarta

Kampus Depok

Berita dan Event Lainnya

Lihat Semua >

Ceremony MoU IBLAM x STIE IPWIJA Sekaligus Sosialisasi Tracer Study

Jakarta, 18 Oktober 2021 - Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM (STIH IBLAM) menyelenggarakan acara Ceremoni Penandatanganan nota kesepah...

Selengkapnya >

Sidang Umum Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) STIH IBLAM dan Pemilihan Ketua DPM STIH IBLAM Periode 2021/2022

Jakarta, 7 Oktober 2021 - Dewan Perwakilan Mahasiswa STIH IBLAM (DPM IBLAM) melaksanakan kegiatan Sidang Umum sebagai salah satu age...

Selengkapnya >

Penandatangaan MOU IBLAM dengan IBS & Webinar Membangun Perbankkan Syariah di Indonesia menuju Indonesia maju dan bangkit : Perspektif Manajemen Strategic, Islamic Banking, and Legal Aspek

Jakarta, 2 September 2021 - IBLAM School of Law mengadakan acara Webinar yang berjudul Membangun Perbankkan Syariah di Indonesia men...

Selengkapnya >