Apa Saja Mata Kuliah Hukum untuk S1? Berikut Contoh Mata Pelajarannya

Aug 18, 2023 | Berita | 0 comments

Hukum merupakan jurusan kuliah yang cukup populer bagi mahasiswa. Mata kuliah hukum membahas berbagai jenis hukum di berbagai bidang. Konsentrasi hukum sendiri bisa terbagi menjadi hukum pidana dan hukum perdata atau bisnis. Mahasiswa bisa belajar mengenai peraturan dan perundangan yang berlaku di Indonesia. Lulusan jurusan hukum sendiri bisa memiliki pekerjaan yang luas di berbagai bidang.

Jenis Mata Kuliah Hukum

Berapa lama kuliah S1 Hukum? Mahasiswa yang kuliah jurusan hukum untuk strata 1 biasanya selama 4 tahun atau 8 semester. Setiap semester ada mata kuliah dengan SKS tertentu. Misalnya di semester 1 terdapat 4 mata kuliah dengan jumlah 20 SKS. Pada semester 1 mata kuliahnya biasanya masih pengantar atau pengenalan.

Berikut contoh 4 mata kuliah Jurusan Hukum untuk semester 1 di IBLAM School of Law:.

Humaniora (8 SKS)

Humaniora merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang aspek masyarakat dan budaya manusia. Jurusan hukum mempelajari humaniora karena memang berhubungan dengan peraturan terhadap manusia dan masyarakat.

Pengantar Ilmu Hukum (4 SKS)

Mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum merupakan pengenalan dasar ilmu hukum. Di mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari tentang karakteristik ilmu hukum, tujuan hukum, istilah dalam ilmu hukum, dan lain-lain.

Pengantar Hukum Indonesia (4 SKS)

Mata kuliah ini mempelajari terkait hukum yang ada di Indonesia. Beberapa topik untuk mata kuliah ini misalnya sejarah tata hukum Indonesia, sumber hukum, sistem hukum, hukum tata negara, dan lain-lain.

Ilmu Negara (4 SKS)

Ilmu Negara merupakan mata kuliah yang mempelajari soal negara. Mahasiswa hukum perlu mempelajari terkait unsur negara, tujuan dan fungsi negara. teori eksistensi negara, bentuk negara, dan lain-lain.

Di Semester 2, mahasiswa jurusan hukum perlu menyelesaikan 23 SKS dengan 6 mata kuliah. Mata kuliah jurusan hukum untuk Semester 2 antara lain.

Hukum Adat dan Sosiologi (4 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan permasalahan hukum mengacu pada hukum adat. Materi di mata kuliah ini antara lain pengertian hukum adat, proses terbentuknya, struktur masyarakat adat, hukum tanah adat, hukum perorangan adat, hukum pewarisan adat, dan lain-lain.

Hukum Islam (3 SKS)

Sebagai agama yang paling besar di Indonesia tentunya hukum Islam menjadi cukup penting. Mahasiswa hukum juga perlu untuk menempuh mata kuliah hukum Islam. Beberapa materi dalam mata kuliah ini antara lain syariah, fiqh, qanun, ijtihad, filsafat islam, prinsip ekonomi Islam, dan lain-lain.

Hukum Internasional (4 SKS)

Tak hanya hukum di Indonesia saja, mahasiswa hukum juga mempelajari terkait hukum internasional. Mata kuliah ini mencakup materi terkait sejarah hubungan internasional, sumber HI, subjek HI, yurisdiksi negara, perjanjian internasional, dan sengketa internasional.

Hukum Perdata (4 SKS)

Hukum perdata merupakan hukum yang mengatur dua subjek hukum atau lebih yang lebih terkait pada kepentingan pribadi. Materi untuk mata kuliah ini antara lain sistematika hukum perdata, aplikasi hukum perdata, hukum perorangan, hukum perkawinan, hukum keluarga, hukum benda, dan hukum waris.

Hukum Pidana (4 SKS)

Berbeda dengan hukum perdata, hukum pidana mengatur terkait pelanggaran terhadap kepentingan umum. Materi untuk hukum pidana antara lain pembagian hukum pidana, asas hukum pidana, sejarah hukum pidana, ilmu bantu dalam hukum pidana, penafsiran UU pidana, dan lain-lain. Ilmu bantu dalam hukum pidana sendiri cukup banyak misalnya kriminologi, psikologi, viktimologi, sosiologi, dan penologi.

Hukum Tata Negara (4 SKS)

Hukum Tata Negara juga menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa hukum semester 2. Mata kuliah ini mempelajari beberapa hal terkait sumber hukum tata negara, asas hukum tata negara, tipe negara hukum, lembaga negara, dan lain-lain.

Semester berikut ialah semester 3 ada 6 mata kuliah (23 SKS), dan semester 4 ada 7 mata kuliah (23 SKS). Di semester 5, mahasiswa jurusan hukum bisa memilih konsentrasi yaitu hukum bisnis atau hukum pidana. Selanjutnya di semester 6 ada 5 mata kuliah, dua di antaranya adalah KKN dan magang. Semester 7 merupakan waktu untuk mahasiswa mengerjakan tugas akhir berupa jurnal atau projek Independen.

Tips Belajar Mahasiswa Jurusan Hukum

tips belajar mahasiswa hukum

Mahasiswa jurusan hukum harus mengikuti semua mata kuliah hukum yang wajib serta memilih konsentrasi. Agar bisa lulus dengan baik, berikut ini tips belajar untuk mahasiswa jurusan hukum:

Mempelajari Undang-Undang Sekaligus Berpikir Kritis

Dulu banyak yang menganggap mahasiswa hukum harus bisa hafal undang-undang dan peraturan. Hal ini memang juga perlu tapi selain itu mahasiswa juga perlu berpikir kritis. Undang-undang dan peraturan sudah ada di dalam buku sehingga mudah untuk membacanya. Selanjutnya ialah memahaminya dan berpikir kritis terkait praktiknya. Agar bisa kritis maka perlu memiliki wawasan yang luas sehingga perlu belajar banyak hal.

Membaca Banyak Buku dan Update Soal Hukum

Ada banyak permasalahan hukum dan perubahan yang terjadi dalam hukum di sebuah negara. Mahasiswa hukum sudah seharusnya mengikuti perkembangan tersebut. Selain itu juga perlu untuk membaca dari sumber yang terpercaya. Teori bisa mempelajarinya dari buku yang berkualitas.

Mencari Pengalaman Lain di Luar Perkuliahan

Selain mengikuti mata kuliah hukum secara rajin, mahasiswa juga perlu mencari pengalaman lain. Ini bisa dengan mengikuti seminar, forum diskusi, perlombaan, magang, dan kegiatan lain. Ini bisa terkait dengan bidang hukum atau juga bidang lainnya. Pengalaman bisa bermanfaat untuk pengembangan diri. Jika ada bukti sertifikat maka dapat untuk membantu saat mencari pekerjaan.

Menjalin Pertemanan Di Dalam Dan Luar Kelas Kuliah

Di saat menjadi mahasiswa maka penting juga memiliki pertemanan yang baik dan luas. Menjalin pertemanan dengan mahasiswa lain bisa membantu untuk semakin semangat belajar dan bertukar pikiran. Teman yang positif juga bisa memotivasi untuk lulus tepat waktu dan mendapat nilai baik.

Jadi mahasiswa hukum tak hanya harus mengikuti mata kuliah hukum secara rajin saja. Mereka juga perlu untuk memperluas wawasan dan pengalaman di luar perkuliahan. Bagi yang tertarik menjadi mahasiswa hukum bisa berkuliah di STIH IBLAM. Tersedia program S1 reguler hukum dan juga S2. Bagi karyawan juga ada kelas karyawan dengan jadwal kuliah sore dan malam. IBLAM merupakan sekolah tinggi hukum yang sudah terakreditasi dan memiliki pengajar profesional.

Mata Kuliah Hukum untuk S1

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *