Berapa Besarnya Biaya Kuliah Hukum? Berikut Rinciannya!

Oct 3, 2023 | Berita | 0 comments

Menjadi ahli hukum memang terpandang sebagai profesi yang prestisius dan menjanjikan. Namun kira-kira berapa besarnya biaya kuliah untuk jurusan tersebut? Fakultas hukum menjadi salah satu jurusan yang terkenal cukup mahal. Namun benarkah demikian? Untuk mengetahui lebih spesifik mengenai berapa besar biaya kuliah hukum, kita akan membahasnya secara tuntas pada artikel berikut ini.

Rincian Biaya Kuliah Hukum, Untuk Apa Saja?

Bagi mahasiswa yang ingin berkuliah, sangat penting bagi mereka untuk mengetahui berapa besar biaya yang nantinya akan mereka butuhkan. Sebab dengan demikian, mereka bisa mempersiapkan tabungan sedini mungkin agar kuliah tetap lancar tanpa kendala berarti.

Kuliah hukum terkenal dengan biayanya yang tidak murah. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab berkuliah bidang ini membutuhkan waktu yang cukup lama hingga memperoleh gelar sarjana.

Namun kira-kira biaya apa saja yang harus mahasiswa bayarkan selama berkuliah? Simak rinciannya berikut ini.

Uang Pendaftaran

Biaya yang perlu calon mahasiswa keluarkan pertama kali ketika memutuskan untuk berkuliah adalah uang pendaftaran. Uang pendaftaran ini nominalnya berbeda tergantung kebijakan dari masing-masing kampus.

Selain tergantung dengan kebijakan dari pihak kampus, besarnya biaya juga bisa karena bagaimana jalur masuk yang mahasiswa pilih. Untuk masuk ke universitas, biasanya ada yang memakai jalur mandiri ataupun seleksi nasional yaitu melalui tes SNMPTN dan SBMPTN.

Untuk mereka yang masuk melalui jalur nasional, biasanya akan terkena biaya pendaftaran yang jauh lebih murah daripada jika memilih jalur mandiri.

Uang Pangkal

Selain membayar biaya pendaftaran, mahasiswa juga akan terkena biaya untuk membayar uang pangkal. Uang pangkal ini terkenal dengan sebutan lain yaitu sebagai uang gedung atau uang pembangunan.

Penarikan uang pangkal ini berlaku ketika mahasiswa pertama kali mendaftar kuliah. Biaya yang harus Anda bayarkan sebagai uang pangkal juga berbeda-beda, tergantung dengan jurusan dan universitas yang Anda pilih.

Sebab kebijakan mengenai besarnya uang pangkal memang murni tergantung kebijaksanaan dari pihak universitas. Namun ketika Anda berkuliah dengan jalur mandiri, biasanya uang pangkal yang harus dibayar lebih besar daripada yang memakai jalur SNMPTN atau yang memiliki subsidi khusus.

Uang Kuliah Tunggal atau SPP

Ketika berkuliah, seorang mahasiswa/mahasiswi juga harus membayarkan sejumlah biaya untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP).

UKT maupun SPP sebenarnya adalah sama, hanya berbeda penyebutan saja. Biaya ini harus Anda bayarkan untuk setiap semester. Besarnya uang untuk SPP atau UKT tidak sama antara satu kampus dengan yang lainnya.

Biaya Kuliah Kerja Nyata

Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan kegiatan yang biasa mahasiswa lakukan, terutama pada semester-semester akhir perkuliahan. Kegiatan KKN ini merupakan implementasi dari teori-teori yang sudah belajar pada bangku kuliah. Jadi teori-teori tersebut akan mahasiswa praktikkan di lapangan.

Kegiatan KKN ini juga menjadi salah satu syarat kelulusan. Untuk kegiatan tersebut mahasiswa juga harus membayar sejumlah biaya yang besarnya juga akan ditentukan oleh pihak kampus.

Biaya Kuliah untuk Semester Akhir

Jelang kelulusan, mahasiswa juga harus membayar biaya kuliah akhir semester. Biaya kuliah untuk semester akhir ini meliputi berbagai keperluan, antara lain seperti berikut:

  • Biaya administrasi akhir.
  • Yudisium
  • Toga
  • Skripsi
  • Cetak ijazah.
  • Biaya untuk acara seremoni wisuda.

Sejumlah biaya tersebut akan terbayarkan ketika Anda sudah kelar mengikuti perkuliahan dan menuju proses wisuda. Namun selain daftar biaya yang kami sebutkan di atas, Anda juga akan menemukan sejumlah biaya lain-lain di luar anggaran dari kampus. Mulai dari biaya hidup, biaya penelitian, praktikum, SKS, anggaran untuk buku dan berbagai perlengkapan yang lainnya.

Jadi ketika memutuskan untuk berkuliah, khususnya menempuh pendidikan Sarjana Hukum. Sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan anggaran untuk biaya pendidikan agar kuliah pun menjadi lebih tenang dan nyaman.

Referensi Besarnya Biaya Masuk di Kampus Hukum IBLAM

IBLAM merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum yang terkenal. Pasalnya perguruan tinggi ini terbukti sudah menghasilkan banyak ahli-ahli hukum ternama Indonesia. Namun berapa kira-kira biaya kuliah di STIH IBLAM?

STIH IBLAM menyediakan dua jenjang program pendidikan, yaitu program Strata 1 (S1) dan Magister. Untuk berkuliah di tempat ini, mahasiswa harus membayarkan sejumlah biaya antara lain yaitu biaya registrasi pada awal pendaftaran dan uang kuliah untuk tiap semester.

Biaya Pendidikan Program Strata Hukum S1 kelas Reguler

Biaya Pendidikan Program Strata Hukum S1 kelas Reguler, Tahun Akademik 2021/2022

Untuk program pendidikan S1, biaya kuliah tiap semester yaitu Rp 7.000.000, dan sudah termasuk biaya pendaftaran, jas almamater, dan SPI. Namun jika Anda ingin memperoleh keringanan selama mengambil kuliah di IBLAM, Anda dapat mencari tahu update terbaru dari program beasiswa yang berlaku.

Ada banyak program beasiswa yang bisa Anda manfaatkan dari IBLAM mulai dari beasiswa prestasi dan beasiswa profesi.

Demikian referensi biaya kuliah hukum dari kampus IBLAM. Bagi Anda yang berniat untuk meneruskan pendidikan di perguruan tinggi, informasi ini dapat menjadi gambaran berapa besar biaya yang harus Anda persiapkan untuk bersekolah hukum. Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai sekolah hukum IBLAM, segera hubungi kontak Official WhatsApp IBLAM.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *