Mengenal MBKM Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Programnya

Dec 1, 2023 | Berita | 0 comments

MBKM adalah kepanjangan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program ini merupakan inovasi terbaru yang dari Kemendikbudristek serta sudah berlaku sejak akhir Januari 2020.

Penerapan sistem ini harapannya dapat menciptakan lulusan Perguruan Tinggi yang berkualitas. Tujuannya ialah agar lulusan-lulusan tersebut memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang IPTEK, serta memiliki soft maupun hard skill yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

Mengenal Pengertian MBKM dan Programnya

Peraturan mengenai program MBKM juga sudah memiliki dasar hukum yang sah. Program tersebut tertuang dalam Peraturan Mendikbud No 3 tahun 2020.

Dalam peraturan itu menyebutkan bahwa dalam proses pembelajaran mahasiswa berhak untuk belajar di luar program studinya selama satu semester dan berkegiatan di luar perguruan tinggi selama 2 semester. Untuk menyukseskan inovasi ini, pemerintah juga menyediakan berbagai program yang relevan. Program-program MBKM adalah sebagai berikut.

MSIB

Program MBKM adalah salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan generasi masa depan yang memiliki kepribadian unggul dan kompeten. Program ini juga memfasilitasi para mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka sesuai passion mereka.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah juga mencanangkan program MSIB. MSIB merupakan kepanjangan dari Magang dan Studi Independen Bersertifikat. Program ini merupakan bagian dari Kampus Merdeka yang memungkinkan mahasiswa untuk mengkonversi mata kuliah yang mereka ambil dan mencari pengalaman di luar kampus.

Pengalaman yang akademisi dapatkan dari luar kampus ini merupakan upaya bagi para mahasiswa agar mereka bisa memiliki keterampilan terbaik. Sehingga di masa depan mereka ini akan muncul sebagai lulusan-lulusan berkualitas yang memiliki keterampilan khusus serta siap bekerja di era industri 4.0.

Wirausaha Merdeka

Seperti namanya, Wirausaha Merdeka merupakan program yang memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar di bidang kewirausahaan. Program ini merupakan bagian dari inovasi MBKM yang bertujuan untuk menciptakan calon sarjana yang memiliki ketertarikan terhadap bidang wirausaha.

Untuk menyukseskan hal tersebut, mahasiswa bisa belajar mengenai bidang kewirausahaan selama satu semester. Tempatnya yaitu di perguruan tinggi yang terpilih oleh pihak pelaksana.

Pada kegiatan tersebut, para akademisi akan berkesempatan untuk mengembangkan diri untuk menjadi seorang enterpreneur, menggali pembekalan diri di bidang kewirausahaan, menciptakan konsep usaha, analisis dan lain sebagainya.

Ketika mengikuti program ini, mahasiswa akan memiliki pengalaman praktis tentang kegiatan berwirausaha. Pengalaman ini akan sangat berarti bagi kehidupan mereka di masa depan, terutama ketika sudah terjun ke dunia kerja.

Kampus Mengajar

Bagi mahasiswa yang tertarik dengan dunia pendidikan, maka mereka dapat memanfaatkan program kampus mengajar. Kampus mengajar merupakan bagian dari MBKM yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar menjadi mitra guru dan terjun langsung di lapangan.

Program ini akan memberikan kesempatan pada mereka untuk belajar di luar kampus selama satu semester dan berlatih sebagai pengajar di berbagai lembaga pendidikan. Mahasiswa ditantang untuk menciptakan terobosan terbaru, berpikir kreatif, menciptakan model pembelajaran yang inovatif, dan berbagai pengembangan strategi lain dalam proses pembelajaran.

IISMA

IISMA merupakan singkatan dari Indonesia International Student Mobility Award. Ini merupakan bagian dari program pemerintah yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan sensasi belajar di luar negeri.

Program ini berlaku untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan dari semester 1 hingga semester 7. Jadi pemerintah akan memberikan beasiswa serta mendanai program mobilitas pelajar Indonesia di berbagai universitas luar negari.

Program ini akan memberikan pengalaman baru kepada para akademisi. Jadi mereka bisa merasakan belajar di lingkungan yang baru, berkenalan dengan budaya yang berbeda, dan memiliki jaringan internasional.

Hal itu akan memberikan pengalaman baru dan mengesankan bagi para mahasiswa. Serta memberikan dampak besar bagi karir mereka di masa depan.

Praktisi Mengajar

MBKM adalah bagian dari inovasi terbaru di bidang pendidikan. Salah satu program yang cukup menarik untuk di kulik yaitu praktisi mengajar. Program ini merupakan inisiasi dari Kemendikbudristek yang menggabungkan dosen dengan praktisi ahli.

Dengan inovasi ini, dosen juara dan praktisi ahli tersebut akan berkolaborasi dan bertukar ilmu pengetahuan. Sehingga nantinya akan tercipta inovasi baru dalam mengajar yang berpengaruh besar terhadap sistem akademik dalam sebuah universitas.

Program praktisi mengajar ini bisa dilakukan dengan metode daring ataupun luring. Program ini memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menyerap ilmu dari para narasumber yang relevan dan memiliki keahlian terbaik di bidangnya.

Pertukaran Pelajar Merdeka

Selanjutnya, ada juga program unggulan dari Kampus Merdeka yaitu Pertukaran Pelajar Merdeka. Inovasi itu juga bagian dari MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan baru bagi para mahasiswa.

Pada program pertukaran pelajar, mahasiswa berkesempatan untuk belajar di Perguruan Tinggi dari klaster lain, namun yang masih dalam satu wilayah Indonesia. Untuk dapat menikmati kesempatan langka ini, seorang mahasiswa haruslah memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang berlaku. Salah satunya yaitu mereka harus sudah mendapatkan pengakuan kredit mata kuliah selama 20 SKS.

Setelah memenuhi kualifikasi tersebut barulah mahasiswa dapat mengajukan diri untuk mengikuti program Pertukaran Pelajar Merdeka. Mereka akan mendapatkan kesempatan untuk melatih kepercayaan diri, kepemimpinan, serta keterampilan sosial.

Hal itu akan sangat membantu bagi para mahasiswa tersebut di masa depan. Serta membuat mereka menjadi pribadi yang tangguh dan memiliki daya saing yang unggul sebagai bekal untuk terjun ke dunia kerja.

Bangkit

Program MBKM selanjutnya adalah bangkit. Bangkit ini merupakan program terbuka yang bisa diikuti oleh mahasiswa. Program tersebut merupakan kolaborasi antara Kemendikbud dengan berbagai pihak seperti GoJek, Traveloka, Tokopedia dan lain-lain.

Dalam program Bangkit mahasiswa bisa mempelajari berbagai topik pembelajaran. Di antaranya yaitu mobile development, machine learning, serta could computing.

Gerilya

Gerilya merupakan program kolaborasi Pentahelix antara Kemendikbudristek dan pihak BUMN/swasta, media, hingga masyarakat. Program ini merupakan bagian dari Kampus Merdeka yang bertujuan untuk meningkatkan SDM dari para mahasiswa.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengalaman teknis dan memberikan pembekalan yang berkaitan dengan program transisi energi yang sedang dicanangkan oleh pemerintah.

Program renewable energi menjadi salah satu yang sedang dicanangkan oleh pemerintah dan menjadi bagian dari program Gerilya. Mahasiswa yang tergabung dalam program studi eksata dan sosiohumaniora berkesempatan untuk bergabung dalam program ini.

Demikian beberapa program yang tersedia dalam MBKM. MBKM adalah inovasi dari Kemendikbudristek yang patut untuk diapresiasi. Sebab dengan program tersebut harapannya mahasiswa siap untuk menghadapi perubahan dinamika di dunia kerja. Serta memiliki daya saing yang unggul baik di tingkat nasional ataupun global.

Program MBKM di STIH IBLAM

Apakah Anda tertarik untuk mengikuti program MBKM? Bagi Anda mahasiswa hukum yang tertarik untuk mengikuti program MBKM, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM merupakan salah satu kampus di Indonesia yang juga mendukung kegiatan tersebut.

IBLAM School of Law merupakan kampus yang menjalin kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang penelitian dan juga pengabdian kepada masyarakat.

Mahasiswa kami juga mengikuti program MBKM yang dicanangkan oleh pemerintah. Contohnya ialah memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus, melakukan pertukaran pelajar, dan lain sebagainya.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *