About Iblam

Sejarah Iblam

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum “IBLAM”memiliki sejarah yang panjang dalam perkembangannya. Tepatnya pada tanggal 27Agustus 1990 didirikan satu lembaga dengan nama “Iurisconsultus Group” yang didalamnya terdiri dari para pakar hukum, para praktisi hukum dan para mantan Hakim Agung, mantan Pejabat Kejaksaan Agung dan mantan Pejabat Departemen Kehakiman. Gagasan para pakar diatas berhasil merumuskan sebuah lembaga pendidikan yang bernama Institute of Business Law and Management(“IBLAM”). Lembaga tersebut bertujuan dalam rangka peningkatan mutu, kemahiran tenaga kerja di bidang hukum serta mempersiapkan tenaga-tenaga yang profesional. Lembaga tersebut didirikan atas dasar sebuah kesadaran bahwa pengetahuan dibidang hukum, baik di masa kini maupun di masa yangakan datang perlu dikuasai terutama untuk para pelaku bisnis, birokrat dan praktisi dalam rangka menghadapi dan memenangkan kompetesi global.

Dibalik penamaan Institute of Business Law and Management (“IBLAM”) ada sosok yang cukup berpengaruh yaitu Almarhum Dr. H. Edy Susanto,S.H., M.H., M.M., M.A. Beliau berpendapat seyogyanya pengangguran demikian tidak perlu terjadi, mengingat pembangunan di Negara kita yang besar dan berkesinambungan, terlebih lagi dalam mengantisipasi era globalisasi dan era pembangunan tinggal landas yang menggerakkan seluruh kegiatan masyarakat. Aspek-aspek hukum dari pembangunan tersebut memerlukan penanganan oleh para ahli hukum, sehingga dengan demikian secara logis seharusnya mampu menyerap para lulusan hukum. Melihat kenyataan ini, Almarhum Dr. H. Edy Susanto,S.H., M.H., M.M., M.A berpendapat bahwa keadaan ini tidak dapat dibiarkan dan beliau memutuskan untuk memprakarsai upaya untuk meningkatkan mutu atau nilai tambah lulusan hukum dengan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan keterampilan yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan dunia. Dari gagasan yang luhur ini, beliau mendapat dukungan secara aktif dari berbagai begawan hukum yang tersohor di Indonesia dengan ikut terlibat dalam penyusunan nilai, sistem hingga materi pembelajaran yang luar biasa.

Seiring berjalannya waktu, untuk semakin mewujudkan Visi, Misi dan Program tersebut, akhirnya Alm. Dr. H. Edy Susanto,S.H., M.H., M.M., M.A mendirikan Yayasan Lembaga Pengembangan Ilmu Hukum dan Manajemen – Institute of Business Law and Management (LPIHM “IBLAM”) yang menaungi aktivitas perkuliahan formal dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum “IBLAM”. Berdirinya Program Diploma III Management Hukum, Program Sarjana Hukum dan Program Magister Hukum Sekolah Tinggi Ilmu Hukum “IBLAM” di Jakarta yang masing-masing telah di Akreditasi oleh Departemen Pendidikan Nasional RI denganSK No. 95/D/O/1993 dan SKNo. 78/D/O/1993 berikut telah memperoleh perpanjangan izin.

Kampus yang kini disebut IBLAM School of Law yang berada di bawah naungan Yayasan LPIHM IBLAM telah mengalami perkembangan yang begitu pesat karena dukungan sosok seorang Pendiri yang berjiwa sederhana, ramah, ulet dan memiliki semangat tinggi dalam membangun tonggak dan tunas-tunas bangsa dalam aspek pendidikan,yaitu Bapak Alm. Dr. H.Edy Susanto, S.H., M.H., M.M., M.A. Kiprahnya dalam rangka ikut mencerdasakananak bangsa tidak lagi dapat diragukan, selain beliau membangun lembaga pendidikan tingkat perguruan tinggi yang telah mampu meluluskan ribuan peserta didik dan lulusan tersebut telah banyak mengisi posisi strategis baik di lembaga pemerintahan, institusi hukum, institusi non-hukum dan sosial budaya lainnya, beliau pun membangun lembaga pendidikan tingkat PG, TK dan SD Tunas IBLAM. Segudang penghargaan pun telah diraih oleh peserta didiknya.

Perjalanan panjang IBLAM School of Law dalam mengabdi dan berkontribusi bagi bangsa Indonesia di dalam dunia Pendidikan, telah menghasilkan ribuan lulusan terbaik yang tersebar luas di beberapa Institusi Hukum dan non-Institusi Hukum yang mampu bersaing di Industri 4.0. Sesuai dengan Visi-Misi terbarunya, IBLAM ingin memperkuat komitmennya dalam menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dibidang hukum dan meyakini bahwa Integritas adalah kunci perbaikan SDM di bidang hukum, dan Integritas juga menjadi visi utama serta pilar utama dari 4 pilar perjuangan kami yang terdiri dari Integritas, Religius, Nasionalis dan Berdaya saing Global.

Maka dari itu, bertepatan dengan hari anti korupsi sedunia tanggal 9 Desember 2019, IBLAM telah meresmikan Visi-Misi terbaru yaitu :

(1) “Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Hukum yang berintegritas, unggul di tingkat nasional dan berdaya saing global”;

(2) Penegasan penyebutan brand Institusi menjadi “IBLAM School of Law / IBLAM SL”;

(3) Logo baru yang merupakan kombinasi bentuk 4 bulat yang melambangkan elemen perjuangan mencapai kemajuan yang ada di IBLAM SL yaitu (a) dosen; (b) mahasiswa; (c) masyarakat dan (d) pemerintah, lalu ada bentuk kotak dengan bulatan ditengah sebagai lambang satu tujuan dalam satu rumah perjuangan untuk menghasilkan ahli hukum yang berintegritas dan 4 garis lurus yang melambangkan 4 nilai-nilai dasar perjuangan IBLAM SL, yang apabila semuanya digabungkan akan terlihat sebagai perisai yang bermakna bahwa pendidikan hukum harus dijadikan instrument untuk melindungi dan menghadapi serangan kebodohan, kekacauan dan segala ketidakadilan.

Diharapkan pada tahun-tahun mendatangdi bawah pengelolaan Tim Manajemen yang baik, IBLAM School of Law akan memperoleh penghargaan dan pengakuan dari masyarakat sebagai perguruan tinggi yang peduli pada perkembangan dan tegaknya supremasi hukum di Negeri tercinta ini.